Pernyataan Sikap

Pernyataan Solidaritas Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia (SPRI) Untuk Buruh PT Graha Fortuna

Solidaritas atas Perjuangan Kawan-kawan Buruh yang sedang melakukan aksi mogok melawan PHK PT GRAHA FORTUNA)

Pada hari ini, kami Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia (SPRI) datang untuk menyatakan dukungan dan solidaritas perjuangan kepada kawan-kawan Buruh yang sedang berjuang melawan PHK. Kami paham, PHK merupakan bentuk penderitaan bagi kaum buruh. Selepas di PHK, kawan-kawan buruh tentu akan menjalani kehidupan yang sulit karena tak berpenghasilan.

Saat ini 26 buruh dari PT Graha Fortuna, yang tergabung dalam Serikat Buruh Bersatu-Federasi Serikat Buruh Karya Utama- Konfederasi Serikat Nasional (SBB-FSBKU-KSN) telah di PHK dengan alasan perusahaan telah merugi selama dua tahun. Dengan sewenang-wenang mereka di PHK. Seperti petir di siang bolong, tiba-tiba saja mereka kehilangan pekerjaan. Tentu keadaan yang sangat mengenaskan di tengah sulitnya hidup.

Sungguh sangat tidak manusiawi, kawan-kawan yang di PHK hanya diberikan Kompensasi pesangon sebesar Rp 25 Juta. Kompensasi ini jelas tidak sesuai dengan masa kerja yang rata-rata mencapai 40 tahun. Ini merupakan tindakan yang melanggar nilai-nilai kemanusiaan. Tindakan yang tak beradab. Tindakan yang melukai rasa keadilan.

Apa yang menjadi tuntutan kawan-kawan adalah perjuangan melawan Sistem Kapitalisme. Sejak dulu, Kapitalisme telah menciptakan sistem yang diskriminatif dan menindas buruh. Kehidupan buruh selama ini sangat jauh dari cukup. Kapitalime telah menciptakan sistem kerja kontrak dan Oursorcing. Sistem kerja macam ini membuat buruh tidak punya daya tawar dan ketidakpastian kerja. Dengan sistem semacam ini Pengusaha bisa seenak-enaknya melakukan PHK, dan tak perlu memberikan kompensasi sesuai aturan. Kondisi seperti inilah yang perlu kita lawan.

Karena itu, dukungan terhadap tuntutan tersebut adalah wujud dari Solidaritas antar rakyat tertindas. Penindasan yang dialami oleh Buruh, Rakyat Miskin Kota, Petani dan sektor lainnya tidak boleh di lawan sendiri-sendiri, buruh, rakyat miskin kota harus bahu membahu membangun kekuatan dari bawah. Persatuan dibutuhkan untuk memperkuat barisan perlawanan. Solidaritas merupakan kebutuhan yang mendesak untuk memukul arogansi kapitalisme.

Untuk itu, kami Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia (SPRI) Jakarta menyatakan sikap:

1.Mendesak DIREKTUR PT GRAHA FORTUNA PURNAMA untuk segera bayarkan pesangon yang sesuai dengan aturan yang berlaku; membayarkan kekurangan upah lembur yang selama ini tidak dibayarkan sesuai aturan; membayar upah lembur yang masih terhutang; dan memberikan alat pelindung diri kepada buruh sesuai aturan.

2.Mendesak Pemda Kota Tanggerang untuk segera memfasilitasi buruh korban PHK agar mendapatkan Kompensasi yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Serta mendesak perusahaan untuk segera membayarkan kekurangan upah lembur; membayarkan upah lembur yang masih terhutang; dan memberikan alat pelindung diri kepada buruh sesuai aturan.

3.Mendesak DPRD Kota Tanggerang untuk segera memfasilitasi buruh korban PHK agar mendapatkan Kompensasi yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Serta mendesak perusahaan untuk segera membayarkan kekurangan upah lembur; membayarkan upah lembur yang masih terhutang; dan memberikan alat pelindung diri kepada buruh sesuai aturan.

BERSATU, BERJUANG, REBUT HAK SEJAHTERA; LAWAN KAPITALISME !

Jakarta, 8 Agustus 2024

Dewan Pimpinan Wilayah
Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia
(DPW-SPRI) Jakarta

PUSPA YUNITA
Ketua SPRI Jakrta

Loading

Print Friendly, PDF & Email

Comment here

%d blogger menyukai ini: